Marketing

Budget Minim Bukan Jadi Penghalang Strategi Pemasaran Startup. Ini Buktinya!

Strategi pemasaran menjadi salah satu poin utama bagi kesuksesan suatu perusahaan startup. Sama halnya seperti perusahaan lain, startup juga memiliki produk yang siap dipasarkan dan membutuhkan bantuan publikasi agar sampai ke tangan konsumen. Sebagus apapun produk yang dihasilkan, bila tidak dipasarkan dengan baik, maka belum tentu hasilnya akan optimal sesuai target.

Strategi pemasaran yang tepat bagi startup berbudget minim

Kendati demikian, strategi pemasaran suatu perusahaan startup tidak harus selalu berbudget besar. Malah, tak menutup kemungkinan pemasarannya dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Bagaimana caranya?

  1. Gunakan media sosial untuk strategi pemasaran yang optimal

Media sosial merupakan platform tepat bagi perusahaan early startup untuk memulai pemasaran. Sebab, strategi satu ini memiliki hambatan dan biaya yang rendah. Meski begitu, Anda tak boleh sembarangan menggunakannya. Perlu beberapa trik agar penggunaannya optimal.

Sebelum menggunakan media sosial sebagai sarana marketing, sebaiknya buat dulu rencana pemilihan jalur media sosial yang paling Anda kuasai. Buat akun media sosial dari platform dengan jumlah penggunan terbesar seperti Instagram dan Facebook.

Buat unggahan secara teratur tanpa harus membuang banyak waktu Anda untuk menciptakan interaksi. Akan lebih baik, jika Anda mencari tahu topik bahasan yang tepat sebelum berinteraksi dengan target konsumen Anda.

Perlu Anda ketahui, media sosial juga seringkali dipilih untuk meningkatkan brand awareness kepada masyarakat. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat video company profile. Umumnya, video ini berisi informasi tentang perusahaan dengan tujuan memperkenalkan bisnis yang sedang Anda lakoni.

Jika ditelaah lebih dalam, company profile berbentuk video seperti ini memiliki banyak keunggulan, beberapa di antaranya sebagai berikut;

  • Video company profile lebih menarik secara estetika

Pada kenyataannya, banyak orang lebih tertarik untuk menonton video ketimbang membaca profil suatu perusahaan yang disajikan dalam bentuk tulisan. Video company profile terbukti dapat membantu perusahaan untuk lebih dikenal berbagai kalangan.

  • Sarana marketing yang efisien

Keunggulan company profile berbentuk video berikutnya adalah faktor efisiensi. Tak bisa dipungkiri, media berupa video seperti ini mampu memberikan informasi lebih banyak dalam waktu singkat. Pasalnya, tak hanya menyampaikan informasi berupa tulisan, tapi juga gambar dan suara secara bersamaan.

  • Mudah dibagikan

Keunggulan terakhir dari video company profile adalah kemudahan dalam membagikannya kepada seluruh lapisan masyarakat. Dengan kemajuan teknologi saat ini, hampir semua platform media sosial menyediakan fitur berbagi konten berupa video. Tentu saja hal ini memungkinkan Anda untuk membagikan video company profile ini ke beberapa akun media sosial dan website.

  • Program hadiah bagi konsumen loyal

Anda pasti menyadari, bahwa kehadiran follower di akun media sosial telah membantu meningkatkan jangkauan bisnis tanpa biaya sepeser pun. Hal ini memang sangat mungkin terjadi karena konten yang Anda buat cukup membuat terjadinya interaksi dengan komunitas lain.

Oleh karena itu, ketika produk sudah tersebar dan mulai menciptakan angka penjualan, Anda harus membuat program hadiah bagi konsumen loyal. Sebab, kehadiran mereka sangat membantu produk Anda semakin dikenal oleh masyarakat secara luas. Program hadiah semacam ini akan memicu terjadinya interaksi antar konsumen yang jauh lebih tinggi.

  • Newsletter berkala

Jika dua cara di atas telah Anda terapkan, maka cara berikutnya adalah mengirimkan surel dengan konsisten untuk menawarkan ROI terbaik. Tak sedikit perusahaan yang melakukan kampanye pemasaran surel dengan membayar jasa agensi. Ketahuilah, strategi ini sebenarnya tidak efektif karena tingkat konvesi klik yang terlalu rendah.

Meski begitu, cara ini tidak sepenuhnya salah. Tapi, untuk startup berbudget minim ada strategi pemasaran lain yang bisa Anda terapkan. Salah satunya membuat newsletter sederhana secara berkala untuk sekadar memberi tahu perkembangan produk Anda. Agar lebih efektif, kirimkan newsletter tersebut minimal seminggu atau dua minggu sekali.

Informasikan kepada konsumen Anda perihal newsletter ini melalui media sosial. Jangan lupa untuk memberi tahu pada mereka bahwa Anda tidak akan menyampah di kotak masuk sehingga konsumen bisa lebih nyaman.

Demikian beberapa cara dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan startup berbudget minim. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Incoming search terms: